10 Cara Aman Bergaul di Facebook

Diposting 7:03 PM dengan kategori: Internet

10 Cara Aman Bergaul di Facebook | Internet – Bagi sobat yang sering bergaul di dunia maya melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, harus lebih waspada karena bisa saja sobat menjadi sasaran para pelaku kejahatan di internet.

facebook hack

Pelaku kejahatan di internet atau lebih dikenal dengan Cyber Crime dapat melakukan pencurian dan kemudian menjual informasi pribadi milik para pengguna Facebook. Mereka dapat mencuri identitas pengguna, mengirim spam atau bahkan mengirim virus berbahaya melalui email.
Untuk membantu agar sobat agar tetap aman bergaul di Facebook ada 10 cara yang bisa sobat lakukan, antara lain:

1. Cek pengaturan privasi pada akun facebook sobat. Akhir-akhir ini pihak Facebook melakukan pembaruan yang cukup berarti pada situs mereka dalam pengaturan privasi penggunanya.

2. Alasan sobat berada di Facebook. Apakah ingin selalu berhubungan dengan orang lain? Mencari banyak teman? Berbagi foto? Berbagi link atau pembaruan status? hal – hal ini berkaitan dengan apa yang ingin diperoleh dengan profil pribadi sobat. Dengan demikian akan lebih memangkas informasi pribadi yang ada di publik.

3. Lebih selektif dalam menambahkan atau menerima permintaan dari orang yang baru kita kenal dengan akses posting, foto, pesan dan informasi penting tentang latar belakang pribadi sobat.

4. Lebih berhati-hati dengan status dan komentar yang sobat katakan di jendela Facebook. Pengguna lain dapat melihat, menduplikasi dan memposting kembali di mana pun dan kapan pun. Apakah sobat ingin pelaku kriminal tahu jika sobat di rumah sendirian malam ini atau pergi liburan pekan depan dan mengosongkan rumah?

5. Lebih waspada dalam pemakaian komputer yang bukan milik pribadi atau di dalam warnet. Saat sobat login akun Facebook dari komputer yang berbeda-beda, periksa jika komputer tersebut tidak menyimpan alamat email ataupun password. Gunakan fasilitas penghapusan riwayat pada browser yang sobat pakai.

6. Lebih cerdas dalam pembuatan dan penggunaan password. Jangan gunakan password yang mudah ditebak orang lain dan coba untuk tidak menggunakan password yang sama untuk seluruh akun.  Pikirkan dengan matang tipe pertanyaan keamanan yang dipasang dan di mana akan mengirim pembaruan tersebut.

facebook login

7. Saat ini banyak ponsel yang memberikan fasilitas akses langsung ke situs – situs sosial seperti Facebook. Biasanya fasilitas pada ponsel tersebut mempunyai kemampuan untuk login secara otomatis, jadi sobat harus lebih waspada terhadap siapapun yang mengakses ponsel dan pastikan akun yang dimiliki sobat sudah di log - out.

8. Hati – hati dengan serangan phising. Di internet banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh username dan password log-in pengguna dengan cara menipu pengguna melalui email Facebook palsu. Jangan pernah menanggapi link email yang meminta sobat untuk me-reset password. Kalau perlu untuk me-reset langsung saja ke halaman Facebook resmi.

9. Lakukan tindakan segera apabila sobat mulai menerima spam atau pembaruan status yang muncul tetapi tidak dibuat oleh sobat sendiri maka akun tersebut kemungkinan tersusupi. Segera lakukan perubahan password. Jika tidak bisa masuk ke akun pribadi, segera pergi ke link Help di bagian bawah Facebook dan klik Security untuk pemberitahuan spam pencurian akun kepada Facebook.

10. Awasi setiap aktivitas yang mencurigakan pada dinding Anda, jejak berita dan kotak masuk Facebook. Jangan pernah mengklik link yang mencurigakan. Lihat lebih cermat, jika link yang dimaksud tidak otentik, jangan pernah mengkliknya.

Demikian artikel tentang 10 Cara Aman Bergaul di Facebook yang dapat sobat lakukan untuk menghindari pencurian identitas pribadi di internet. Silahkan untuk membaca artikel lain yang bertajuk internet di blog ini. Terimakasih dan semoga dapat menjadi manfaat bagi sobat pembaca.

Write your comment here:

0 Comment for "10 Cara Aman Bergaul di Facebook"

Post a Comment