Tips Rahasia Untuk Merawat Rambut

Diposting 3:53 AM dengan kategori: Kecantikan,Tips dan Trik

Pada dasarnya setiap wanita selalu mengidamkan rambutnya terlihat sehat dan indah. Bermacam shampo, vitamin dan berbagai produk perawatan rambut pun digunakan, namun apakah anda mendapatkan perbedaannya. Salah-salah jika anda tidak teliti, produk-produk tersebut malah akan membuat rambut kesayangan anda rusak.

rambut rontok

Jika anda mengidamkan rambut yang sehat dan indah dan sudah mencoba berbagai cara namun anda belum mendapatkan hasilnya, anda patut untuk mencoba beberapa tips rahasia untuk merawat rambut dibawah ini.

1. Mengkonsumsi ikan dan kacang-kacangan

Ikan dan kacang-kacangan mengandung protein dan omega 3 yang dipercaya dapat membantu  rambut anda menjadi lebih sehat. Selain ikan  juga merupakan sumber  zat besi dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Zat besi ini disimpan dalam folikel rambut dan akan digunakan tubuh di waktu lain. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kenari, kacang mete, dan kemiri adalah sumber zinc yang merupakan mineral penting yang dapat memperlambat kerontokan rambut.

2. Memotong rambut secara rutin

Bagi anda yang memiliki masalah rambut bercabang, Anda sebaiknya memotong rambut anda secara rutin dalam kurun waktu enam minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk mengakhiri kerusakan. Sekali rambut  mencapai tahap bercabang atau rusak, satu-satunya yang dapat dilakukan adalah memangkasnya.

3. Hindari mencuci rambut setiap hari

Jika anda mencuci rambut setiap hari maka nutrisi dan minyak rambut akan terbuang sehingga membuat kulit kepala dan rambut kering. Mencuci rambut sebaiknya dilakukan dua sampai tiga hari sekali untuk membuat rambut lebih sehat. Jika Anda memiliki rambut sangat berminyak, untuk merawatnya anda dapat menggunakan sampo kering (dry shampoo) pada akar dan garis rambut.

4. Menggunakan air dingin saat membasahi rambut

Membasahi rambut dengan air dingin dapat membantu  menutup lapisan kutikula pada rambut dan juga membantu mempertahankan kelembaban sehingga akan membuat rambut anda lebih berkilau. Sebaliknya, air panas dapat menghilangkan sebum, yakni minyak pelindung yang berfungsi sebagai kondisioner alami dan memberikan kemilau rambut.

5. Sebaiknya jangan menyisir rambut dalam kondisi basah

Dalam kondisi basah, akar rambut dalam kondisi lemah jadi jangan menyisirnya. Anda boleh menyisir rambut namun gunakanlah sisir yang bergigi jarang. Rambut  basah lebih mudah rusak ketimbang rambut kering. Hal terbaik yang dapat  dilakukan adalah mengeringkan rambut anda dengan handuk dan membiarkannya kering secara alami.

6. Teliti dalam memilih suplemen rambut

Sebaiknya anda teliti dalam menggunakan suplemen untuk merawat rambut. Gunakan suplemen seperti biotin, silica dan zat besi yang dapat membantu pertumbuhan rambut sehat. Biotin adalah vitamin B  penting yang dapat meningkatkan kekuatan rambut terhadap kerusakan. Biotin dapat ditemukan secara alami pada biji – bijian  seperti legume. Silica  merupakan komponen pembangun 'kulit, rambut dan kuku, yang banyak tersedia bersama suplemen vitamin.

7. Carilah produk yang menggunakan silikon

Untuk merawat rambut tipis dan mudah rontok sebaiknya mencari produk yang mengandung silikon seperti dimethicone atau cyclomethicone. Ini merupakan mantel film tipis bagi alur rambut, yang dapat membuat rambut lebih lebat dan tidak berminyak.

8. Pewarna dapat merusak rambut

Mewarnai rambut dapat merusak rambut. Ada tiga jenis pewarna rambut, yakni permanen, semi permanen dan temporer. Namun  sebagian besar memiliki bahan kimia meskipun dengan konsentrasi yang berbeda. Orang yang kerap menggunakan produk kimia ini, cenderung berisiko menderita kerusakan rambut yang lebih besar ketimbang orang yang tidak menggunakannya.

Demikian tips tentang Tips rahasia untuk merawat rambut. Silahkan membaca tips dan trik lainnya dengan topik kesehatan di blog ini. Semoga bermanfaat.

Write your comment here:

0 Comment for "Tips Rahasia Untuk Merawat Rambut"

Post a Comment