10 Khasiat Dan Kegunaan Teh

Diposting 10:50 AM dengan kategori: Kesehatan,Khasiat

10 Khasiat Dan Kegunaan Teh » Sejak jaman dulu teh dipercaya dapat meredakan beragam penyakit dan memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Teh banyak digemari orang dari seluruh penjuru dunia sebagai minuman baik itu disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

khasiat teh

Teh dikenal sebagai minuman mengandung cafein yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman teh (Camellia sinensis) diberi pemanis gula dengan air panas dan atau ditambahkan es batu sebagai minuman yang menyegarkan. Dibalik rasanya yang khas, ternyata teh memiliki sederetan keunggulan tersendiri. Berikut 10 khasiat dan kegunaan daripada teh.

1. Teh memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit kanker seperti kanker kulit, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker hati, kanker usus halus, kanker pankreas, kanker kolon, kanker kantung kemih, kanker prostat, kanker kelenjar usus, bahkan kanker payudara. Selain itu, dengan meminum minimal satu cangkir the tiap hari juga akan mengurangi resiko terkena jantung koroner.

2. Selain cafein (40 mg percangkir), teh juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, E, dan K, ternyata kandungan vitamin B-12 dalam teh, sepuluh kali lebih besar ketimbang apel, tomat, atau jeruk.

3. Kandungan vitamin dalam dua cangkir teh hijau setara dengan segelas jus jeruk.

4. Anda dapat mengurangi pembentukan karang gigi dengan cara berkumur dengan air teh setelah makan.

5. Teh dapat digunakan sebagai obat diare. Cuci bersih daun teh muda dan segar sebanyak 20 gram, lalu rebus dengan tiga gelas air bersih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

6. Teh tidak akan menyebabkan dehidrasi. Konsumsi 3-4 cangkir teh setiap hari, sama baiknya dengan minum air putih.

7. Kegunaan teh untuk mengobati luka luar ringan. Caranya, cucilah daun teh segar hingga bersih kemudian giling hingga halus. Bubuhkan pada bagian yang terluka, lalu dibalut.

8. Memulihkan infeksi saluran pencernaan, kolesterol, dan darah tinggi. Seduh 7 gr daun teh hijau kering dengan air panas. Biarkan selama 10 menit. Minumlah selagi hangat.

9. Seduhan daun teh dapat digunakan sebagai penyubur dan penghitam rambut. Embunkan secangkir air teh kental semalaman. Keesokan harinya, gunakan air teh untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan sehari sekali hingga terlihat hasilnya.

10. Teh memiliki khasiat meredakan sakit kepala. Siapkan cangkir teh kental. Tambahkan 1 sendok teh air jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Demikianlah info kesehatan tentang “10 Khasiat Dan Kegunaan Teh" yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Silahkan Anda baca informasi seputar dunia kesehatan di blog ini.

Write your comment here:

0 Comment for "10 Khasiat Dan Kegunaan Teh"

Post a Comment